ShoutBox


ShoutMix chat widget

10.26.2008

Pemrograman Pascal Lengkap

1. Sejarah PASCAL
merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60, bahasa pemrograman untuk sains komputasi. Tahun 1960, beberapa ahli komputer bekerja untuk mengembangkan bahasa ALGOL, salah satunya adalah Dr. Niklaus Wirth dari Swiss Federal Institute of Technology (ETH-Zurich), yang merupakan anggota grup yang membuat ALGOL. Tahun 1971, dia menerbitkan suatu spesifikasi untuk highly-structured language (bahasa tinggi yang

terstruktur) yang menyerupai ALGOL. Dia menamainya dengan PASCAL (seorang filsuf dan ahli matematika dari Perancis) Pascal bersifat data oriented, yaitu programmer diberi keleluasaan untuk mendefinisikan data sendiri. Pascal juga merupakan teaching language (banyak dipakai untuk pengajaran tentang konsep pemrograman). Kelebihan yang lain adalah penulisan kode Pascal yang luwes, tidak seperti misalnya FORTRAN, yang memerlukan programmer untuk menulis kode dengan format tertentu. Bentuk dasar program Pascal adalah seperti berikut:
Selengkapnya di Sini

Tipe Data Terstruktur
tipe ini terdiri atas : array, record, set, dan file. String adalah tipe data jenis array, tetapi karena string memiliki kekhasan tersendiri sebagai array dari karakter maka penulis perlu memberikan penjelasan tersendiri. Sedangkan untuk array, record, dan file perlu dijelaskan dalam bab yang lain karena agak banyak hal-hal yang perlu dibahas.a. Tipe Data String String
Selengkapnya di Sini

PERINTAH INPUT - OUTPUT
1. Assignment
Komputer bisa mengolah dan menampilkan sesuatu yang ada di dalam memori. Merupakan cara tersederhana untuk “menempatkan” (assign) data ke memori.
Contoh:
program luas_PersegiPanjan_00; {Program untuk menghitung luas bangun empat persegi panjang} uses wincrt;
var panjangPSP, lebarPSP, luasPSP : integer;
{Mendeklarasikan variable panjang, lebar dan luas persegi panjang sebagai integer}
BEGIN {Program MULAI}
panjangPSP := 25;
lebarPSP := 20;
luasPSP := panjangPSP * lebarPSP;
END. {Program SELESAI}
Selengkapnya di Sini

STRUKTUR KONTROL PROGRAM
1. Struktur Pengulangan
Secara alamiah, suatu proses bisa berupa proses berurutan dari awal hingga selesai, pilihan berdasarkan kondisi tertentu atau pengulangan bedasarkan batasan tertentu pula. PASCAL menyediakan beberapa konstruksi perintah untuk melakukan proses-proses itu, yaitu:
1. For … to … do
2. While … do
3. Repeat … until
4. goto
Selengkapnya di Sini

SUB PROGRAM (Procedure)
1. Pemrograman Modular
Modular programming adalah merupakan suatu teknik untuk menulis program yang berukuran besar. Program dibagi menjadi beberapa bagian kecil. Tiap bagian disebut module, yang melakukan suatu tugas tertentu.
Contoh :
• Menampilkan menu pilihan
• Menghitung nilai rata-rata
• Mensortir data
Selengkapnya Disini

ARRAY (LARIK)
1. Pendahuluan
Suatu array adalah sebuah struktur data yang terdiri atas banyak variabel dengan tipe data sama, dimana masing-masing elemen variabel mempunyai nilai indeks. Setiap elemen array mampu untuk menyimpan satu jenis data (yaitu: variabel). Suatu array dinyatakan dengan type, sehingga variabel yang bekerja akan dinyatakan dengan:
contoh type
A = array [1..10] of integer;
Selengkapnya Disini

RECORD (REKAMAN)
Sebuah record rekaman disusun oleh beberapa field. Tiap field berisi data dari tipe dasar / bentukan tertentu. Record mempunyai kelebihan untuk menyimpan suatu sekumpulan elemen data yang berbeda-beda tipenya (di banding array). Contoh , sebuah record dengan empat buah field.

Selengkapnya Disini






0 comments:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger