ShoutBox


ShoutMix chat widget

10.13.2008

Domenech Menghitung Hari

MENGHITUNG HARI

CONSTANTA – Masa depan pelatih Prancis Raymond Domenech makin di ujung tanduk. Indikasinya adalah hasil seri 2-2 (2-0) yang diraih Les Bleus, sebutan Prancis, kala dijamu Rumania di Stadion Farul, Constanta, dini hari kemarin WIB. Raihan yang membuat Federasi Sepak Bola Prancis atau FFF segera mengambil keputusan terhadap status Domenech.


2 Rumania v Prancis 2 (Grup 7 Zona Eropa)

MENGHITUNG HARI

CONSTANTA – Masa depan pelatih Prancis Raymond Domenech makin di ujung tanduk. Indikasinya adalah hasil seri 2-2 (2-0) yang diraih Les Bleus, sebutan Prancis, kala dijamu Rumania di Stadion Farul, Constanta, dini hari kemarin WIB. Raihan yang membuat Federasi Sepak Bola Prancis atau FFF segera mengambil keputusan terhadap status Domenech.

Namun, sabar dulu. Sebab, Presiden FFF Jean-Pierre Escalettes mengatakan jika status Domenech masih akan menunggu hingga Rabu (15/10) nanti atau bertepatan dengan rapat dewan pengurus FFF. “Kita lihat saja karena waktunya tidak lama lagi,” katanya kepada stasiun televisi TF1.

“Prancis harus segera berkonsentrasi untuk laga uji coba lawan Tunisia pada Selasa nanti (14/10). Setelah itu, biarlah rapat dewan pengurus FFF yang memutuskan apa yang bakal terjadi,” sambung Escalettes.

Dari pernyataan Escalettes, hasil uji coba lawan Tunisia yang dihelat di Stade de France, Paris, itu bisa jadi adalah tes terakhir bagi Domenech. Tapi, bisa juga merupakan laga perpisahan bagi pelatih 56 tahun itu mengacu hasil kurang menggembirakan di tiga laga awal kualifikasi PD 2010.

Terpenting, Domenech jelas-jelas gagal memenuhi target tidak resmi FFF. Sebagaimana yang diyakini media-media di Prancis, pelatih yang menangani Les Bleus sejak 12 Juli 2004 itu harus merebut minimal 5 poin di tiga laga awal kualifikais PD 2010. Kabarnya, target itu sebagai deal antara Domenech dan FFF gara-gara hasil buruk Les Bleus di Euro 2008 Juni lalu yang sudah tersisih sejak fase grup.

Kenyataannya, Domenech hanya mempersembahkan 4 poin. Di laga pertama, Prancis kalah 1-3 dari Austria (6/9) meski sempat menang 2-1 atas Serbia di laga berikutnya (10/9). Efeknya, juara Piala Dunia 1998 dan runner-up Piala Dunia 2006 itu kini harus rela menempati peringkat keempat grup 7 zona Eropa di bawah Serbia, Lithuania, dan Austria.

Saat menghadapi Rumania, Prancis sejatinya juga nyaris kalah. Itu setelah Rumania leading dua gol di awal pertandingan lewat aksi Florentin Petre pada menit keenam dan heading Dorin Goian menit ke-17. Tapi, gelandang muda Prancis Yoann Gourcuff menjadi penyelamat Prancis lewat tendangan jarak jauh pada menit ke-69 setelah didahului gol Franck Ribery di menit ke-36.

“Secara hasil kami memang belum maksimal. Tapi, dari segi spirit permainan, khususnya yang ditunjukkan pemain di babak kedua, saya salut dengan para pemain,” ungkap Domenech kepada AFP.

Terkait jabatannya yang tengah terancam, Domenech kembali memperlihatkan sikap cuek. Sikap mantan pelatih Prancis U-21 itulah yang terkadang membuat publik atau fans Les Bleus geram. Seperti kala Domenech justru asyik mempertontonkan kemesraan dengan pacarnya di televisi usai kegagalan Prancis di Euro 2008.

Di sisi lain, di Prancis saat ini sudah santer beredar nama-nama pelatih yang dianggap pantas menggantikan posisi Domenech. Antara lain mantan kapten Les Bleus di Piala Dunia 1998 Didier Deschamps, pelatih Bordeaux Laurent Blanc, maupun Gerard Houllier, mantan pelatih Prancis pada 1992-1993.

Sementara itu, start kurang menggembirakan Prancis di kualifikasi PD 2010 menular kepada tim raksasa Eropa lainnya, Portugal. Sekalipun kembali diperkuat Cristiano Ronaldo, Portugal hanya mampu bermain imbang tanpa gol lawan Swedia di Stadion Rasunda di Solna.

Dengan hasil tersebut, skuad Carlos Queiroz masih tertahan di peringkat ketiga grup 1 dengan 4 poin atau berselisih tiga poin dengan urutan teratas Denmark. “Hasil yang lumayan karena laga yang kami jalani tidak mudah. Saya juga puas tidak lagi mengalami masalah dengan cedera,” ucap Ronaldo sebagaimana dilansir Reuters. (dns)



STATISTIK PERTANDINGAN

RUMANIA PRANCIS

3 Tembakan ke Gawang 2

0 Tembakan Melenceng 0

2 Penyelamatan 2

3 Sepak Pojok 6

1 Offside 2

1 Kartu Kuning 2

0 Kartu Merah 0

61% Penguasaan Bola 39%



HOME || INDEX


0 comments:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger